Press "Enter" to skip to content

Mengapa Jari Jadi Keriput Setelah Bermain di Air?

Bemain air memang menyenangkan, terutama bagi anak-anak? Mereka betah berenang atau berlama-lama berendam di bathtub saat mandi. Main air memang menegarkan kulitmu, terlenih ketika cuaca sedang panas. Namun, pernahkah kamu memperhatikan jari-jari tangan dan kaki kamu setelah lama berada dalam air? Pasti akan tampak berkerut bukan? Mengapa bisa demikian?

Mengapa Jari Bisa Berkeriput Setelah Bermain di Air? Ini Jawabannya

Fenomena ini telah menjadi perdebatan di kalangan ilmuwan dan membuat banyak orang awam merasa heran.

Selama beberapa dekade, para ilmuwan percaya bahwa reaksi ini disebabkan oleh epidermis (lapisan kulit luar) yang menyerap air di sekitarnya.

Lapisan kulit luar melekat sangat erat pada lapisan di bawahnya sehingga tidak bisa berkembang. Karena itulah lapisan kulit luar berkembang dengan cara mengeriput.

Namun, pada 1935 sekelompok ilmuwan yang sedang melakukan tes laboratorium menemukan, reaksi ini tidak terjadi ketika ada saraf yang rusak di jari tangan atau kaki.

Mereka sampai pada kesimpulan, bahwa keriput hanya reaksi dari sistem saraf otonom tubuh.

Bahkan para ahli saraf menyarankan munculnya keriput mungkin memiliki fungsi evolusi: ia dapat membantu jari tangan dan kaki menempel kuat pada permukaan basah. Pada 2013, serangkaian percobaan dilakukan untuk memperdalam hal ini.

Para relawan harus mengambil dua objek, basah dan kering. Para relawan kemudian diberi tugas mengambil objek itu baik ketika jari mereka kering atau basah dan berkeriput.

Hasilnya, para relawan yang mengambil barang-barang yang basah 12% lebih cepat jika menggunakan jari yang basah dan berkeriput.

Jadi kulit jari yang berkeriput berfungsi layaknya tapak ban mobil. Sehingga lebih banyak permukaan kulit yang melekat pada permukaan dan dengan demikian akan memberikan cengkeraman atau pegangan yang lebih baik.

Jadi jangan takut ketika jari tangan dan kaki berkeriput ketika berlama-lama dalam air. Itu hanyalah sebuah reaksi dari sistem saraf otonom yang menakjubkan di dalam tubuh Anda.

Nah, itulah jawaban berdasarkan penelitian kenapa jari tangan dan kaki bisa menjadi berkeriput setelah berada di dalam air dalam waktu yang lama. Semoga informasi ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan kita semua.

Komentar

Komentar

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *