Press "Enter" to skip to content

13 Bahan Alami Untuk Mengusir Semut ke Luar Rumah

Selain kecoa dan nyamuk, semut juga antara musuh yang paling dibenci didalam rumah. Lebih-lebih lagi di tempat penyimpanan makanan, mereka ini selalu merajalela sampai menyebabkan pemilik makanan kewalahan karena tidak ada kesempatan untuk memakan makanan yang penuh dikrumuni semut.

Rumah aku adalah salah satu target mereka. Lebih memperburuk kondisi ketika suhu lingkungan panas, mereka ini  menganggap air masak umpama swimming pool mereka.

Karena tak tertahan dengan penjajahan semut yang semakin merajalela ini, tergerak hati aku untuk mencari info-info akan cara Mengusir Semut dan dibawah ini adalah bermacam petunjuk Mengusir Semut tanpa menggunakan racun berbahaya yang sempat dicari.

1. Serbuk kunyit

Ambil sedikit bubuk kunyit kemudian tabur pada jalur semut menuju kedalam rumah, cara ini dapat mencegah mereka dari mendeteksi sandi mereka masuk ke dalam rumah ..

2. Daun sirih

13 Bahan Alami Untuk Mengusir Semut ke Luar Rumah

Bau daun sirih tidak disukai oleh semut. Potong atau cincangkan beberapa helai daun sirih kemudian tabur pada area rute semut atau tempat semut berkerumun.

3. Kulit timun

Kupas mentimun dan letakkan dekat sarang semut atau lintasannya.

4. Kulit telur

13 Bahan Alami Untuk Mengusir Semut ke Luar Rumah

Bakar kulit telur sampai menjadi abu kemudian tabur abu tersebut pada area rute semut atau tempat semut berkerumun. * Cara ini juga dikatakan efektif untuk mengusir cicak dan serangga lain.

5. Serai wangi

Semut tidak menyukai aroma serai wangi. Larutkan pati serai wangi dengan sedikit air kemudian semprot di jalur semut serta tempat-tempat yang sering semut berada. Air serai wangi ini juga bisa di buat lap-lap meja untuk menghindari semut naik ke atas meja.

6. Cuka

Larutkan cuka dengan sedikit air di dalam botol kemudian semburkan ke serata tepi dinding dan tiang rumah. Biarkan larutan cuka kering dan ulang proses semburan ini untuk beberapa hari. Cara ini akan mencegah semut dari memasuki rumah.

7. Serbuk kopi

13 Bahan Alami Untuk Mengusir Semut ke Luar Rumah

Kopi berbau pahit, dan semut bukan suatu. Ambil dan taburi sedikit bubuk kopi di sekitar rumah. InshaAllah semut tidak akan suka datang dekat lagi.

8. Kulit kayu manis dan cengkih

Bagi mereka yang tidak gemarka bau cuka, dapat menggunakan serbuk kulit kayu manis dan cengkeh. Taburkan bubuk ini dilaluan semut.

9. Air sabun

Air sabun juga dikatakan berkesan untuk menghalang semut dari memasuki rumah. Caranya sama seperti menggunakan cuka, cuma perlu larutkan sabun kedalam air kemudian semburkan di sekeliling rumah. Ulang semburan untuk beberapa hari.

10. Bedak bayi

Antara tips yang paling menarik, yaitu dengan menabur bedak bayi di lubang tempat semut masuk ke dalam rumah. Dengan cara ini ia akan menutupi lubang tersebut dan mencegah semut dari masuk ke dalam rumah.

11. Perahan air jeruk nipis

13 Bahan Alami Untuk Mengusir Semut ke Luar Rumah

Sama seperti air cuka, air perasan jeruk nipis bersifat asam. Ambil beberapa biji limau nipis dan perahkan, kemudian semprotkan air perasan tersebut di atas jalur semut. Ini akan mematikan semut sekaligus menyegarkan bau rumah Anda.

12. Garam

Garam tidak bisa membunuh semut, akan tetapi garam dapat mencegah semut dari masuk ke dalam rumah. Caranya, tabur sedikit garam kering di jalan serta tempat masuk semut.

13. Selalu bersihkan rumah

Ini tips paling penting. Meskipun semua tips diatas digunakan, itu tidak akan mendatangkan efek jika rumah dibiarkan tidak terurus dan kotor. Sisa-sisa makanan harus selalu dibuang untuk menghindari semut dapat menghirup baunya.

Semoga sharing ini bermanfaat.

sumber : https://hafizrahim.com/13-petua-mudah-untuk-menghalau-semut-tanpa-racun-merbahaya/

Komentar

Komentar

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *